Ubai Tahu Pasti Reni ‘Berdarah Biru’ Setelah Bertemu GKR Hemas

Bagaimana rasanya bila Anda sebagai orang biasa tiba-tiba tersadar bahwa pasangan Anda ternyata keturunan bangsawan atau putri keraton? Itulah yang dialami oleh Achmad Ubaidillah (29), yang akan mempersunting putri kelima raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Raden Ajeng (GRAj) Nurastuti Wijareni.

Namun, Ubaidillah, yang sehari-harinya dipanggil “Ubai” oleh rekan kerjanya di Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres), ini, mengaku tidak terlalu terkejut. Baginya, kenyataan itu sekadar memberi kepastian Reni benar-benar seorang keturunan raja Jawa.
Ubai mengatakan, selama proses pendekatan dengan Reni di awal tahun 2007, ia sebenarnya sudah mengetahui tanda-tanda keistimewaan yang ada pada calon istrinya tersebut. Misalnya saja, ketika menjemput Reni di Jl Suwiryo, Menteng, Jakarta Pusat, untuk berkencan pertama kalinya.

“Pas menjemput ke rumah, kan, ada foto-foto, di dinding (foto keluarga Sultan), tapi saya diam saja. Saya cuma duduk manis, (menunggu) dia lagi dandan segala macem. Begitu berangkat, ya, berangkat saja. Nggak kita bahas,” kata Ubai saat berbincang dengan detikcom di Kantornya, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (27/5/2011), pekan lalu.

Menurut Ubai, di masa pendekatan itu, meski menyimpan rasa penasaran, ia tidak terlalu banyak bertanya tentang latar belakang keluarga Reni. Selain untuk menjaga privasi Reni, ia takut kalau-kalau wanita pujaannya itu justru merasa tidak enak hati kepadanya.

“Ya, namanya juga manusia. Mana yang harus saya bicarakan, mana yang tidak, kan, harus tahu. Kalau saya bilang, ‘kamu anaknya Sultan, ya?’ Itu saya nggak mau dan bukan tipe saya. Kalau saya bilang begitu, takutnya Reni nggak enak. Itu soal etika saja,” ucap pria yang baru bulan Maret lalu dilantik menjadi Kasubid Komunikasi Politik Bidang Media Cetak Setwapres ini.

Sebaliknya, sejak pertama kali berkenalan, Reni juga merahasiakan statusnya sebagai putri Keraton Yogyakarta. Rasa penasaran Ubai terbayar ketika pada suatu hari, setelah keduanya resmi berpacaran akhir Maret 2007, Reni mengajak bertemu dengan ibundanya, yang tidak lain adalah Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas.

“Pas kita lagi jalan-jalan, Kanjeng Ratu menelepon Reni, mengajak makan di Senayan City. Nah, di situ saya baru tahu. Saya dikenalkan dengan Kanjeng Ratu di restoran itu. Kanjeng Ratu bilang, ‘Oh, ini yang namanya Ubai?'” kata pria Kelahiran Jakarta, 26 Oktober 1981, itu.

Ubai terus terang sempat gugup saat bertemu dengan GKR Hemas. Namun, sebagai pegawai lapangan yang sering menghadapi banyak orang, ia berhasil mengatasi rasa gugupnya tersebut. Setiap pertanyaan GKR Hemas dijawabnya dengan lancar. GKR Hemas sendiri menurut Ubai bicara banyak hal yang cukup bisa mencairkan suasana.

“Itulah hebatnya orang keraton, demokratis sekali. Dan melihat pacar anaknya gugup, beliau bisa mencairkan suasana. Coba kalau Kanjeng Ratu diam, pasti saya lebih diam lagi, Mas. Saya takut ngomong salah,” kata Ubai sembari tertawa.

Ubai mengaku bangga diperkenalkan dengan ibu kekasihnya, apalagi sang ibu ternyata GKR Hemas. Peristiwa itu dianggapnya sebagai tanda adanya itikad baik dari Reni, seorang finalis Miss Indonesia 2009. Namun, ia merasa belum lega bila belum mendapat pengakuan langsung dari Reni tentang statusnya sebagai anak kandung ratu.

“Pas saya sudah dekat dengan Reni, setelah pulang saya baru bertanya. Saya, kan, sudah menjadi pacarnya. Saya tanya dia. Kata Reni ‘Iya, saya anaknya Kanjeng Ratu,'” kenang Ubai.

Sesudah bertemu dengan GKR Hemas dan lebih dekat dengan keluarga keraton Yogyakarta, aku Ubai, dirinya sering dilibatkan pada acara-acara keraton. Misalnya saja saat acara Gerebeg Maulud, Ubai pasti diundang ke Yogya. Ia mengikuti seluruh proses acara adat yang digelar.

Pernikahan Reni dan Ubai akan digelar pada 16-19 Oktober 2011 mendatang di Keraton Yogyakarta. Sebelumnya, akan dilakukan upacara wisuda gelar calon pengantin pada 3 Juli di Bangsal Purworetno. Proses lamaran sendiri sudah dilangsungkan pada bulan September 2010 lalu.(*)

sumber : detik.com

Iklan

Satu pemikiran pada “Ubai Tahu Pasti Reni ‘Berdarah Biru’ Setelah Bertemu GKR Hemas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s